Rabu, 21 April 2021

Tugas Kedua Kelas Menulis

Senin lalu pertemuan kedua kelas menulis di mulai. Materi yang disampaikan mengenai cara menemukan ide. Pemaparan dilakukan oleh Kepala Sekolah, Kang Anhar. 

Selesai kelas, seperti biasa peserta diberi tugas. Kali ini ada 2 tugas yang dibagi menjadi tugas kelompok dan tugas individu. Untuk tugas kelompok, tugasnya adalah pembuatan buku antologi. Tugas kelompok ini tidak wajib, ini opsional. Yang ingin menerbitkan buku antologi dipersilahkan untuk membuat kelompok antologi. Bagi yang tidak berminat, hanya perlu mengerjakan tugas individu saja.

Untuk tugas individu, setiap peserta diminta untuk membuat sebuah naskah. Naskahnya bebas. Ide, tema, dan genre tulisan bisa ditentukan sendiri. Katanya, naskah yang sudah dibuat ini bisa jadi cikal-bakal pembuatan buku, jika memang kita berniat menerbitkannya. Jadi, diusahakan tema yang dipilih adalah tema yang sudah pas di hati, dan bisa dikembangkan sebagai sebuah buku nantinya, begitu salah satu pesan yang disampaikan dalam pertemuan kedua. 

Deadline tugas individu kali ini hanya 2 hari. Sempat bingung akan menulis apa. Sudah ada ide, tapi tidak terlalu yakin untuk menjadikannya sebagai naskah tugas. Lebih tepatnya tidak percaya diri untuk menulisnya. Padahal sebenarnya, aku sudah sempat berpikir akan menuangkan ide tersebut menjadi sebuah buku. Aku bahkan juga sudah membuat kerangka nya. 

Tapi, karena waktu yang sangat yang singkat itu, dan entah kenapa aku hanya terpikir pada ide itu saja, akhirnya aku menjadikan ide tersebut sebagai naskah tugasku. Aku buat tulisan yang baru dengan bab yang baru pula. Aku beri naskah tersebut dengan judul bab -- AKU --. 

Ternyata aku bisa menyelesaikannya. Alhamdulillah. Sekarang saatnya fokus untuk meneruskan naskah tersebut menjadi tulisan yang lengkap. Perkara nanti akan aku terbitkan menjadi buku atau tidak, biar urusan belakangan saja.

#RaMen
#Day9
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Label Pena

Pena Terpopuler

Kawan Pena