Kamis, 08 Februari 2018

Hayoo, Kamu Jujur

Pengen ngomong, tapi ngga sanggup.
Pengen nanya, tapi ngga enakan.
Pengen marah, ngga pernah bisa.
Pengen "nyentil", takut kesinggung.

Udah banyak yang di tahan, ngga berani di ungkapkan, apalagi di ekspresikan. Pengennya si sadar sendiri, tapi dibuat seakan ngga sadar. Sesulit itu yaa jujur tuh. Terlalu banyak berpikir. Takut menyakiti, takut tersinggung, ngga enakan, padahal kalau semakin lama diam, semakin banyak juga kan yang disembuyikan.

Dan ketika sudah ketahuan atau bahasa kekiniannya "Ke-gep", terbongkar semua apa yang disembuyikan, mau bilang apa lagi ? Mencoba menjelaskan gituh ? Kayanya bakal percuma yaa, karna pasti itu terasa sudah sangat terlambat, mungkin sudah terlalu membuat sakit.

Makanya, kalau ada kesempatan untuk jujur, jujur saja, insyaallah itu lebih baik, daripada menimbulkan prasangka. Ada pepatah bilang,

"Kita harus menjaga diri agar orang tidak berprasangka pada diri Kita".

Kurang lebih begitu. Apa maksudnya ? Maksudnya adalah kita jangan memberi kesempatan kepada seseorang untuk berprasangka pada diri kita, jangan mencoba menciptakan dosa bagi oranglain.

Kalau kata bang napi, "Kejahatan bukan hanya dari niat pelakunya, tapi karna ada kesempatan, waspadalah, waspadalah."

Nah, selagi kita diberikan waktu dan kesempatan untuk menjelaskan sesuatu, maka lakukanlah. Dan jangan memberikan celah atau kesempatan untuk seseorang berprasangka pada diri kita. Yuk, kita bantu yang lain 😁

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Label Pena

Pena Terpopuler

Kawan Pena