Sabtu, 30 Juni 2018

You Have Memories with...

"You have memories with........ "

Pasti pengguna jejaring sosial media Facebook tidak asing dengan pesan diatas. Yap,  pesan yang menggiring penggunanya kembali mengingat jejak aktivitas yang telah terekam tempo dulu. Pesan dapat berisi tentang history pertemanan, post status,  bahkan sampai comment pengguna di jejaring sosial tersebut. 

Bicara mengenai memories atau kenangan, saya ingat betul sebuah kalimat yang pernah disebutkan oleh seorang teman dekat saya mengenai satu kata itu.  Katanya begini,  "Setiap apa yang kita lalui itu pasti akan terkenang".

Iyaa, terkenang. Akhirnya yaa jadi kenangan. Terpatri dalam memori otak kita yang terkadang kita ingin dan senang mengingatnya kembali,  atau mungkin sebaliknya, hingga berandai jika saja semuanya tidak pernah terjadi atau jika bisa waktu diputar kembali ke masa itu dan menahan si ego untuk tidak melakukan perbuatan itu. Namun, sayang di sayang pengandaian itu adalah sebuah keniscayaan. 

Sebut saja semua kejadian yang setiap lembar kenangannya ingin ditutup itu sebagai sebuah kesalahan, sebuah kegagalan. Dalam lanjutan kalimatnya, teman saya lagi-lagi memberikan statement syantiknya.  Seperti ini katanya, "Disitu lah ada yang namanya pelajaran".

Pelajaran. Sekali lagi saya sebutkan, Pe-la-ja-ran. Tuhan tentu tidaklah memberikan sesuatu tanpa makna bagi setiap hamba-Nya. Kita bisa tengok persembahan cintanya berikut ini, "Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi?
(QS: al-'Ankabuut Ayat: 2)". Oooo,  tentu saja tidak.

Tuhan akan memberikan kita begitu banyak ujian selagi nyawa masih dikandung badan. Yang menentukan lulus atau tidaknya adalah usaha kita sendiri dalam memaknai maksud Tuhan,  bukan memperdebatkannya dengan terus menyalahkan waktu dan atau Tuhan.

Dikatakan dalam sebuah hadits "...... Masuklah kamu ke dalam surga dari pintu manapun kamu suka"  (HR.  Ahmad) . Sebuah reward yang sangat menggiurkan bukan?

Jadi,  "Nikmat Tuhan mana lagi yang kalian dustakan? "  (QS: Ar-Rahman ayat: 13). Hayoo,  yang mana lagi coba? -nyengir-

Yuk, lebih bijak dalam menyikapi kenangan.  Juga semakin bijak dalam bersikap dan bertindak agar tidak ada lagi lembaran kenangan yang ketika dibuka membuat wajah berubah pucat.

#sabtulis #pekan26

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Label Pena

Pena Terpopuler

Kawan Pena