Selasa, 04 Mei 2021

Sumber Inspirasi

Seharian duduk di depan laptop, mencoba mencari inspirasi untuk tugas akhir kelas menulis. Rangkaian kata aku coba tuliskan, berharap 4 halaman terselesaikan secepat kilat. Namun, bukan 4 halaman yang aku dapat, aku cuma bisa menulis 1 halaman saja. Aku baca lagi dan lagi, berharap mungkin setelah aku baca berulang kali nanti akan bertemu dengan penyambung kalimat, tapi ternyata tetap tidak bertambah sedikitpun naskah yang sudah aku buat. Aku coba edit lagi dan lagi, mencoba menyempurnakan kalimat yang ada, namun ujung-ujung nya tetap sama saja, tidak berkurang apalagi bertambah.

Aku beralih mengerjakan pekerjaan lainnya. Sejenak merehatkan diri dari naskah yang sudah hampir seharian ini terasa begitu membebani. Mengerjakan semua pekerjaan yang sempat tertunda, juga mengobrol sana-sini di aplikasi whatsapp, berpikir mungkin setelahnya akan muncul inspirasi yang entah darimana datangnya akan membantuku menyelesaikan tugas. Tapi, hasilnya lagi-lagi nihil. Inspirasi itu tak kunjung menyapa.

Merenung lagi, kembali aku buka file berisi naskah tugas tadi. Menatapnya lekat-lekat. Sebentar-sebentar memiringkan kepala ke kanan, sebentar-sebentar memiringkan kepala ke kiri. Entah, apa itu bisa membantu menemukan inspirasi atau tidak. Yang jelas, aku benar-benar melakukannya. Sebentar-sebentar menopang dagu, sebentar-sebentar menggaruk kepala, alih-alih berharap inspirasi yang datang, justru nampaknya keputus-asaan yang menyapa. Huft.

Aku tatap lagi layar laptop berisi naskah yang tak kunjung bertambah itu. Aku baca judul naskahnya. Tiba-tiba, aku teringat dengan teman-temanku yang aku ajak mengobrol santai di grup whatsapp. Sepertinya mengingat mereka membuatku mendapatkan inspirasi. Tanpa pikir panjang, aku buka lembar yang baru dan mulai menulis. Hal sederhana yang tiba-tiba muncul itu, yang menurutku adalah hal paling sederhana, justru menjadi membuatku terus-menerus menulis. Hingga tidak aku sangka, tugas yang seharusnya hanya berisi 4 halaman, berlebih menjadi 5 halaman. 

Kurang boleh, tapi lebih itu jangan. PR lagi. Aku harus memangkas beberapa paragraf naskahku agar bisa memenuhi standar maksimal halaman dari tugas yang diberikan.

#RaMen
#Day22
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Label Pena

Pena Terpopuler

Kawan Pena