Sabtu, 18 Agustus 2018

Explore Sukabumi Yuk!

Ada yang udah pernah ke sukabumi? Lebih tepatnya ke daerah wisatanya, pantai geopark dan curug sodong.

Kemaren aku baru saja jalan ke dua tempat itu. Awalnya sih destinasinya ke ujung genteng dan curug cikaso, tapi karna sedang kemarau dan curugnya kering, akhirnya destinasi berubah total.

Aku berenam. Dua orang itu adalah temen aku yang sudah la aku kenal, dan sisanya aku baru saja aku kenal saat trip. Titik kumpulnya di stasiun pasar minggu. Nah kami bertemu disana, sekalian juga menunggu jemputan dari pihak open trip nya.

Kira-kira kami jalan jam 12 malam. Molor 2jam dari jam yang telah disepakati. Sebelum jalan kami di ajak ke basecamp pihak trip nya terlebih dulu, entah untuk apa. Kami hanya diminta menunggu di sebuh musolah dekat basecamp.

Jam 12 malam kami berangkat. Ternyata perjalanan ke sukabumi itu jauh. Sebenernya mataku sangat mengantuk saat dijalan, cuma apa daya, karna drivernya mengendarai secara ugal-ugalan macam sedang balapan mobil, mata tidak bisa tertutup rapat, sebentar-sebentar pasti bangun. Mobil di rem mendadak terus. Tapi syukurnya jalanannya sudah bagus dan mulus, jadi tidak terlalu sakit lah badan.

Sekitar jam 5 pagi kami sampai di area bukit-bukit. Kami berhenti sebentar disana untuk foto-foto. Dari kami berenam, yang berani untuk naik ke atas bukit hanya aku dan temenku umi, yang lain katanya sudah cukup puas berfoto di area jalan dengan background lautnya. Seperti ini penampakannya dari atas bukit.

Setelah itu kami lanjut ke destinasi pertama. Sebenarnya ini adalah destinasi tambahan, hanya saja lebih asik untuk dinikmati di awal. Namanya Puncak Darma. Disana kami disajikan pemandangan yang cukup beragam, dan tentunya indah. Disebelah kanan ada bukit-bukit, sebelah kiri ada sawah dan jalanan berliuk-liuknya, dan dibagian puncaknya kami dapat melihat luasnya pantai yang terbentang. Benar-benar pemandangan yang bikin amazed.

Tapi saat itu angin sangat kencang, jadi kami tidak bisa terlalu lama berada disana. Kami melanjutkan perjalanan menuju Pantai Geopark. Menurut aku pantai ini tidak terlalu indah. Warna airnya coklat, pasirnya pun hitam. Tidak banyak fasilitas permaianan air yang disediakan. Hanya ada satu banana boat saja. Agak bingung mau melakukan aktifitas apa disana.

Perjalanan berlanjut ke destinasi terakhir, Curug Sodong. Kami sampai sebelum jam 12 siang. Sebelum terjun ke curug, kami memutuskan untuk makan siang terlebih dulu. Pihak trip sudah menyediakan santapannya. Sekitar jam 1 siang kami menuju curug. Di curug sodong ternyata ada 2 spot curug. Dibawah dan diatas. Kalau dibawah, kita bisa langsung menikmati curugnya dengan mudah, karna areanya dekat dari pondok makan dan jalan menuju curug sudah disemen. Berbeda dengan curug yang diatas, kita memerlukan tenaga ekstra untuk dapat sampai disana. Jalan nya masih berupa batu dan tanah yang dibuat menyerupai tangga. Jarak antara satu anak tangga ke tangga berikutnya tinggi-tinggi. Bagiku yang jarang berolahraga, ini sangat melelahkan.

Setelah melewati tangga-tangga alami itu, kami juga masih harus melewati sungai penuh batu. Juga jembatan reot. Agak scary yaa. Tapi setelah sampai di curugnya, wah puas banget . Curug ternyata terbagi menjadi 3 layer dengan 3 air terjun di masing-masing layernya. Kalau pernah menonton film Black Panther pasti ingat bagaimana bentuk sungai yang menjadi tempat Raja T'Chala melakukan battle, layer 2 curug sodong itu hampir sama dengan sungai di film itu. Melihat itu aku jadi ingin bilang "WAKANDA FOREVER" haahaa .
Perjalanan sehari ini adalah yang pertama kalinya aku lakukan. Tapi rasanya bikin nagih.  Buat kalian yang belum pernah kesana, aku rekomendasiin buat datang kesana. Terutama Puncak Darma dan Curug Sodong. Kalau mau ajak aku juga tidak apa-apa .